Mengapa Wanita Harus Memakai Jilbab ?

Akibat Wanita Tidak Menutup Aurat

1. Si wanita berdosa karena tidak menutup aurat setiap langkahnya dihitung dengan dosa.
2. Laki-laki yang melihat wanita (bukan mahram) yang tidak menutup aurat, ikut berdosa, karena ia melihat sesuatu yang bukan haknya .
3. Laki-laki akan mudah terangsang untuk berbuat zina
4. Si wanita mendapat dosa lagi, karena gara-gara dia si pria menjadi berdosa (ini adalah dosa yang diakibatkan oleh poin 2 di atas).
5. Mereka akan selaluh lebih rendah dihadapan manusia & Allah SWT.
6. Doanya sulit untuk dikabul oleh Allah SWT.
7. Lebih mudah tergelincir pada lingkungan yang tidak baik.
8. Sulit mendapatkan jodoh yang baik.

Dalil Perintah Menutup Aurat Bagi Wanita

1. Hadits Riwayat Muslim, berbunyi sbb:
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim)

2. Alquran surat An-Nur ayat 31:
“Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkkan khumurnya (Ind: jilbab) ke dadanya….”

Ayat yang memerintahkan memakai jilbab (hijab) adalah sebagai berikut:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, …” (QS. An-Nuur: 31)

Dalam ayat di atas para wanita diperintahkan untuk tidak menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak. Yang dimaksud dengan perhisaan dalam ayat di atas ada dua pengertian menurut para ahli tafsir:

Pertama, perhiasan yang fitri, yaitu tubuh, karena seluruh tubuh wanita adalah perhiasan yang menarik untuk dipandang. Yang kedua adalah perhiasan muktasabah (yang dibuat) seperti anting, kalung dan sebagainya. Dan semuanya tidak boleh dinampakkan kecuali yang biasa tampak. Maka tidak boleh ditampakkan dari bagian tubuh wanita kecuali wajah dan telapak tangan. Dan tidak boleh ditampakkan dari perhiasan kecuali anting dan gelang. Sedangkan untuk menutupi bagian tubuh, pakaian yang biasa digunakan adalah jilbab (baju kurung atau longdrees)dan kudung sebagai penutup kepala. Walau sesungguhnya bukan merupakan suatu keharusan untuk selalu memakai longdress, sebab memakai baju atasan dan bawahan pun (rok panjang atau kain sarung) dibolehkan yang penting seluruh tubuh tertutupi, tidak ketat dan tidak transparan.

Ayat lain yang memerintahkan untuk memakai jilbab adalah berikut ini:

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzaab: 59)

Adapun dari hadits adalah sebagai berikut: Dari Aisyah Radhiyallahu Anha sesungguhnya Asma binti Abu Bakar masuk kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan memakai pakaian yang tipis, maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata, Wahai Asma sesungguhnya perempuan jika telah haidh (baligh) tidak layak untuk terlihat darinya kecuali ini dan ini. Beliau mengisyaratkan kepada wajah dan dua telapak tangannya. (Riwayat Abu Dawud).

*Jilbabku identitasku ๐Ÿ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s